SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN
PENGEMBANGAN
BISNIS/STRATEGI & SOLUSI TEKNOLOGI INFORMASI
NAMA
KELOMPOK :
Zulkifli Prima
Ananda (1410108781)
Darmawan Candra
Utomo (1410108691)
Setyo Danang
Prakoso (1410109168)
Gali Pangestu Putra
P (1410108815)
Muhammad Farid A (1410108945)
SEKOLAH
TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA
SURABAYA
Mengembangkan Sistem Bisnis
Ada beberapa cara yang dapat membantu kita dalam
mengembangkan solusi maupun strategi , yaitu dengan proses penyelesaian masalah
yang disebut dengan pendekatan system (the system approach). Pendekatan system
ini diterapkan untuk pengembangan solusi system terhadap masalah bisnis, maka
hal yersebut disebut dengan pengembangan system informasi (information system
development) atau pengembangan aplikasi (application development).
Pengembangan aplikasi dapat digunakan untuk mengembangkan
aplikasi dan system e-business yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan,
karyawan, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan terhadap perusahaan
(stakeholder).
A. Dasar Perencanaan
Perencanan adalah pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan selanjutnya
apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana, dan oleh siapa. Berbagai
pertanggung jawaban dalam perencanaan tergantung pada besarnya tujuan
organisasi serta fungsi kegiatan khusus manajer. Kebutuhan akan perencanaan ada
di semua tingkatan dan pada kenyataannya meningkat dimana tingkat tersebut
mempunyai dampak potensial terbesar sukses organisasi atau tingkatan manajemen
atas.
Perencanaan harus mempertimbangkan kebutuhan fleksibel, agar mampu
menyesuaikan diri dengan situasi kondisi baru secepat mungkin. Salah satu aspek
penting perencanaan adalah pembuatan keputusan (decision making), proses
pengembangan dan penyeleksian sekumpulan kegiatan untuk memecahkan suatu
masalah tertentu.
Ada 4 tahap perencanaan , yaitu :
1.
Menetapkan tujuan atau serangkian tujuan.
2.
Merumuskan keadaan saat ini.
3.
Mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan.
4.
Mengembangkan
rencana atau serangkaian kegiatn untuk mencapai kegiatan.
B. Tantangan Implementasi
Tantangan dalam
implementasi pengembangan system informasi adalah orang-orang yang terlibat
dalam pengembangan system informasi yaitu departemen operasional sebagai
end-user dan IT sebagai pengembang dan tentu saja sebagai support dan manajemen
sebagai leader yang membuat definisi goal yang akan dicapai. Jika system yang
akan di-implementasikan adalah system informasi yang terintegrasi maka
tantangannya akan sangat besar karena meliputi keseluruhan organisasi yang bisa
saja melibatkan pihak eksternal.
Masalah yang dihadapi dalam implementasi tersebut biasanya adalah sebagai
berikut :
Pengguna tidak mengetahui kemampuan teknologi yang dapat digunakan untuk
membantu proses bisnis yang dikerjakannya setiap hari, dan pada tahap analisa
developer juga tidak mengetahui benar-benar proses bisnis yang berlangsung atau
juga karena standard dari developer yang kurang dalam membuat program sehingga
program yang dihasilkan adalah program yang baik dari kacamata developer bukan
dari kedua belah pihak. Karena ketidak tahuan pengguna maka masalah ini bisa
diabaikan dimana pengguna juga tidak keberatan dengan program yang diberikan
untuk digunakan.
C. Pengembangan Sistem
Menggunakan pendeketan system untuk mengembangkan solusi system informasi
dapat dipandang sebagai proses multilangkah yang disebut siklus pengembangan
system informasi (information system development cyecle), yang juga dikenal
dengan siklus hidup pengembangan system (system development life cyecle-SDLC).
Siklus
pengembangan ini mencakup langkah :
1.
Investigasi
2.
Analisis
3.
Desain
4.
Implementasi
5.
Pemeliharaan
Semua aktivitas yang terlibat sangat berhubungan satu sama lain dan slaing
terikat. Dalam praktiknya, beberapa aktivitas pengembangan bias muncul pada
saat bersamaan. Jadi bagian yang berbeda dari proyek pengembangan bias jadi
berada pada tingkat yang berbeda pada siklus pengembangan. Selain itu juga
dapat kembali kapan pun untuk mengulang aktivitas sebelumnya jika perlu
memodifikasi dan perbaiki system yang anda kembangkan.
D. Implementasi Sistem Bisnis
Implementasi adalah langkah yang vital dalam pengembangan teknologi
informasi untuk mendukung karyawan, pegawai, pelanggan, dan pihak-pihak yang
berkepentingan lainnya. Ada beberapa tantangan implementasi dan strategi yang
terlibat dalam pengelolaan dan perbaruan system bisnis.
Aktivitas
Implementasi dapat dibagi menjadi 5 , yaitu :
a.
Pembelian hardware,software,dan layanan
b.
Pengembangan atau modifikasi software
c.
Konversi data
d.
Pelatihan pemakai akhir
e.
Konversi :
1.
Parallel
2.
Percontohan
3.
Bertahap
4.
Langsung
Proses implementasi biasanya memerlukan usaha manajemen proyek (project
management) dari para manajer unit bisnis. Mereka harus mendukung rencana
proyek yang mencakup tanggung jawab kerja, jadwal, tahap-tahap utama dari
pengembangan dan anggaran keuangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar