Rabu, 28 Oktober 2015

SIM BAB 7



SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
PENGEMBANGAN BISNIS/STRATEGI & SOLUSI TEKNOLOGI INFORMASI



NAMA KELOMPOK :
Zulkifli Prima Ananda                                       (1410108781)
Darmawan Candra Utomo                                (1410108691)
Setyo Danang Prakoso                                      (1410109168)
Gali Pangestu Putra P                                        (1410108815)
Muhammad Farid A                                          (1410108945)

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA
SURABAYA




Mengembangkan Sistem Bisnis
            Ada beberapa cara yang dapat membantu kita dalam mengembangkan solusi maupun strategi , yaitu dengan proses penyelesaian masalah yang disebut dengan pendekatan system (the system approach). Pendekatan system ini diterapkan untuk pengembangan solusi system terhadap masalah bisnis, maka hal yersebut disebut dengan pengembangan system informasi (information system development) atau pengembangan aplikasi (application development).
            Pengembangan aplikasi dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dan system e-business yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan, karyawan, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan terhadap perusahaan (stakeholder).

A.    Dasar Perencanaan
Perencanan adalah pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana, dan oleh siapa. Berbagai pertanggung jawaban dalam perencanaan tergantung pada besarnya tujuan organisasi serta fungsi kegiatan khusus manajer. Kebutuhan akan perencanaan ada di semua tingkatan dan pada kenyataannya meningkat dimana tingkat tersebut mempunyai dampak potensial terbesar sukses organisasi atau tingkatan manajemen atas.
Perencanaan harus mempertimbangkan kebutuhan fleksibel, agar mampu menyesuaikan diri dengan situasi kondisi baru secepat mungkin. Salah satu aspek penting perencanaan adalah pembuatan keputusan (decision making), proses pengembangan dan penyeleksian sekumpulan kegiatan untuk memecahkan suatu masalah tertentu.
            Ada 4 tahap perencanaan , yaitu :
1.      Menetapkan tujuan atau serangkian tujuan.
2.      Merumuskan keadaan saat ini.
3.      Mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan.
4.      Mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatn untuk mencapai kegiatan.

B.     Tantangan Implementasi
Tantangan dalam implementasi pengembangan system informasi adalah orang-orang yang terlibat dalam pengembangan system informasi yaitu departemen operasional sebagai end-user dan IT sebagai pengembang dan tentu saja sebagai support dan manajemen sebagai leader yang membuat definisi goal yang akan dicapai. Jika system yang akan di-implementasikan adalah system informasi yang terintegrasi maka tantangannya akan sangat besar karena meliputi keseluruhan organisasi yang bisa saja melibatkan pihak eksternal.
Masalah yang dihadapi dalam implementasi tersebut biasanya adalah sebagai berikut :
Pengguna tidak mengetahui kemampuan teknologi yang dapat digunakan untuk membantu proses bisnis yang dikerjakannya setiap hari, dan pada tahap analisa developer juga tidak mengetahui benar-benar proses bisnis yang berlangsung atau juga karena standard dari developer yang kurang dalam membuat program sehingga program yang dihasilkan adalah program yang baik dari kacamata developer bukan dari kedua belah pihak. Karena ketidak tahuan pengguna maka masalah ini bisa diabaikan dimana pengguna juga tidak keberatan dengan program yang diberikan untuk digunakan.
C.    Pengembangan Sistem
Menggunakan pendeketan system untuk mengembangkan solusi system informasi dapat dipandang sebagai proses multilangkah yang disebut siklus pengembangan system informasi (information system development cyecle), yang juga dikenal dengan siklus hidup pengembangan system (system development life cyecle-SDLC).
Siklus pengembangan ini mencakup langkah :
1.      Investigasi
2.      Analisis
3.      Desain
4.      Implementasi
5.      Pemeliharaan
Semua aktivitas yang terlibat sangat berhubungan satu sama lain dan slaing terikat. Dalam praktiknya, beberapa aktivitas pengembangan bias muncul pada saat bersamaan. Jadi bagian yang berbeda dari proyek pengembangan bias jadi berada pada tingkat yang berbeda pada siklus pengembangan. Selain itu juga dapat kembali kapan pun untuk mengulang aktivitas sebelumnya jika perlu memodifikasi dan perbaiki system yang anda kembangkan.

D.    Implementasi Sistem Bisnis
Implementasi adalah langkah yang vital dalam pengembangan teknologi informasi untuk mendukung karyawan, pegawai, pelanggan, dan pihak-pihak yang berkepentingan lainnya. Ada beberapa tantangan implementasi dan strategi yang terlibat dalam pengelolaan dan perbaruan system bisnis.

Aktivitas Implementasi dapat dibagi menjadi 5 , yaitu :

a.       Pembelian hardware,software,dan layanan
b.      Pengembangan atau modifikasi software
c.       Konversi data
d.      Pelatihan pemakai akhir
e.       Konversi :
1.      Parallel
2.      Percontohan
3.      Bertahap
4.      Langsung
Proses implementasi biasanya memerlukan usaha manajemen proyek (project management) dari para manajer unit bisnis. Mereka harus mendukung rencana proyek yang mencakup tanggung jawab kerja, jadwal, tahap-tahap utama dari pengembangan dan anggaran keuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar